5 Cara Gampang Berjualan Online Banjir Orderan di Marketplace Dari Nol

Penyedia tempat bertemunya antara pembeli dengan penjual dinamakan marketplace. Atau bisa juga dinamakan pasar online. Mayoritas marketplace tidak menjual produknya sendiri dan tidak mempunyai stok produk, tapi mereka hanya menyediakan sebuah fasilitas dan sistem supaya transaksi antara penjual dengan pembeli menjadi mudah dan aman dilakukan. Marketplace yang biasanya kita kenal yaitu Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada dll. Ada beberapa cara berjualan di marketplace yang bisa dilakukan supaya pembeli tertarik. Berikut penjelasannya.

5 Cara Gampang Berjualan Online Banjir Orderan di Marketplace Dari Nol
5 Cara Gampang Berjualan Online Banjir Orderan di Marketplace Dari Nol

Berikut ini merupakan beberapa cara berjualan online di marketplace yang bisa Anda lakukan supaya pembeli tertarik, antara lain:

  • Lihat Siapa Diri Anda
    Pada saat berjualan di marketplace, sesuaikan dengan passion Anda. Sebenarnya hal ini tidak wajib dilakukan, tapi bisa menjadi bahan pertimbangan. Biasanya jika sesuai dengan passion Anda, maka Anda akan lebih bersemangat dalam menjual produk dan juga bersemangat untuk mempelajari mengenai produk tersebut. Semakin Anda menguasai produk, maka Anda akan semakin cerdas dalam menentukan target pembeli sehingga mereka akan mudah tertarik.
  • Kenali Produk Anda
    Jika Anda menyukai dan mengenali dengan baik produk yang Anda tawarkan, maka Anda akan dengan lebih mudah menjelaskan secara detail produk yang Anda jual dan mudah membaca trend pasar. Hal ini bisa meningkatkan lebih banyak penjualan dengan cara mengembangkan produk sebaik mungkin untuk kemudian melebihi saingan-saingan Anda.
  • Perhatikan dan Kenali Pelanggan Anda
    Target utama bisnis adalah untuk mendapatkan pelanggan setia, sehingga kenali dan perhatikan pelanggan. Semenjak awal memutuskan untuk berjualan, targetkan siapa saja calon pembeli dari produk Anda. Anda harus bisa menganalisa target market sesuai dengan kebutuhan mereka terhadap sebuah produk atau jasa yang Anda tawarkan.
  • Aktif di Media Sosial untuk Promosi
    Untuk Anda yang sedang berjualan online, dengan adanya media sosial jadikanlah sebuah kesempatan baik untuk mempromosikan produk Anda di marketplace. Lakukan promosi dengan sebaik mungkin. Ada beberapa etika yang harus Anda terapkan ketika promosi di media sosial yaitu jangan melakukan spam atau terlalu banyak membagikan link toko marketplace Anda. Hal ini bisa jadi orang akan malas melirik produk Anda.
  • Database Pelanggan adalah Aset
    Database pelanggan adalah aset dalam berjualan di marketplace. Database pelanggan bisa menjadikan pelanggan-pelanggan Anda tetap setia pada produk Anda. Sehingga, Anda akan memiliki pelanggan tetap. Anda bisa selalu menjalin komunikasi baik dengan mereka. Selain itu, Anda bisa membangun relasi dan memberikan informasi menarik untuk mereka dengan cara mengirimkan konten-konten yang bermanfaat. Sangat disayangkan bukan jika Anda sudah memiliki pelanggan, tapi setelah itu mereka menghilang.

Berjualan online di marketplace tentunya juga memerlukan adanya pengelolaan keuangan. Pengelolaan keuangan yang baik akan mempengaruhi perkembangan bisnis Anda juga menjadi lebih baik. Untuk mempermudah pengelolaan keuangan Anda bisa menggunakan aplikasi paper.id. Dengan aplikasi ini akan mempermudah pekerjaan Anda dalam mengelola keuangan. Selain penghitungan menjadi lebih akurat, pekerjaan Anda dalam hal ini juga akan lebih cepat. Sehingga menghemat waktu Anda. Jadi, segera gunakan saja aplikasi paper.id.