Kawah Ijen, Jawa Timur: Gunung Api, Danau Asam dan Api Biru

Kawah Ijen adalah salah satu gunung api yang direkomendasikan di Indonesia untuk dikunjungi. Kawah aktif seluas 134 km persegi ini memiliki pemandangan gunung berapi Gunung Ijen. Kelompok stratovolcano ini terletak di Jawa Timur. Di dalam kawah, anda akan melihat danau belerang berwarna biru kehijauan yang memancarkan api. Api ini berwarna biru di malam hari, dan berasap putih di siang hari.

sewa mobil malang

Di sini anda juga akan menemukan banyak penambang belerang yang mendaki untuk menambang mineral Kawah Ijen, tetapi mereka ini telah disorot akhir-akhir ini di media karena asap berbahaya bagi manusia dan kondisi kerja yang sangat keras.

Dimanakah Kawah Ijen Ini

Kawah Ijen terletak di dekat Banyuwangi dan Bondowoso. Dataran tinggi Ijen berdiri sebagai titik pusat dari pegunungan besar di sebelah barat Banyuwangi dan sebagai bagian dari Taman Nasional Baluran di utara.

Kenapa Harus Kesana

Kawah Ijen adalah danau asam terbesar di dunia dengan api biru mempesona di malam hari. Selain itu, ini adalah salah satu gunung vulkanik terbaik di Indonesia dengan yang satu ini penuh dengan sulphur yang langka. Selain itu, Ijen akan memiliki kunjungan turis yang lebih sepi dibanding Bromo.

Kapan Waktu Terbaik Untuk Pergi

Waktu yang paling oke bagi anda untuk berkunjung ke Ijen adalah Juni – Agustus di mana ada lebih sedikit hujan tetapi anda akan menemukan lebih banyak turis.
Namun, Indonesia memiliki cuaca yang cukup sejuk yang terdiri dari dua pilihan yaitu hujan dan cerah, sebagian besar waktu adalah sangat baik untuk pergi ke Kawah Ijen. Pastikan aja memeriksa cuaca lokal saat anda menuju ke sana. Juga cobalah untuk menghindari akhir pekan jika anda tidak ingin bertemu dengan orang banyak.

Bagaimana Menuju Kesana

Jika anda perlu terbang, bandara terdekat adalah Surabaya. Dari Bandara Surabaya ke Banyuwangi akan memakan waktu 10 jam dengan bus. Anda juga dapat naik kereta api dari Surabaya ke Banyuwangi yang akan memakan waktu sekitar 7 jam.

Via Banyuwangi, anda dapat memilih dari semua jenis kendaraan seperti 4WD (biaya sekitar Rp. 55.000) atau sepeda motor atau bisa menggunakan mobil untuk sampai ke titik awal dari kenaikan ke Kawah Ijen. Nah yang paling oke memang dari Surabaya, sewa mobil Malang memang bisa juga sih menuju kesana bila anda ingin melanjutkan dari Bromo, jadi pikirkan rute yang terbaik untuk menuju ke Ijen.

Anda juga bisa menuju Kawah Ijen melalui Bondowoso baik dari pantai utara atau selatan. Cara ini lebih dekat tetapi kondisi lebih curam dan jalanan juga buruk. Oleh karena itu, 4WD sangat penting di sini meskipun mahal. Setelah itu, sebagian besar wisatawan akan berjalan sejauh 8 km di sepanjang jalan menuju Pos Paltuding yang merupakan titik awal dari perjalanan ke Kawah Ijen. Untuk menuju kawah Ijen akan memakan waktu sekitar 90 menit dari sini.