Keindahan Air Terjun Sambabo

Keindahan Air Terjun Sambabo

Air terjun Sambabo persisnya terdapat di Desa Ulumambi Kecamatan Bambam. Air terjun yang berasal dari kata Samba serta Botto ini berada di ketinggian 400 meter serta ada kurang lebih 10 kilometer dari Kota Mamasa atau kira-kira 300 kilometer dari Kabupaten Polewali Mandar.

Air terjun ini berubah menjadi pujian tersendiri untuk provinsi sulawesi tenggara, karena gerojokan atau air terjun ini adalah air terjun paling tinggi di Pulau Sulawesi.

Air terjun Sambabo mempunyai keindahan yang cukuplah mengagumkan tidak cuma untuk wisatawan lokal tetapi juga untuk wisatawan mancanegara.

Air terjun bertingkat-tingkat serta terdapat di lokasi yang cukuplah tinggi ini dapat jadi daya pikat, bahkan juga ada di antara beberapa wisatawan abnormal yang memandang jika keindahan Air Terjun Sambabo tidak kalah hebatnya dengan gerojokan Niagara di Amerika.

Kemegahan bukan sekedar berpusat di Air Terjun Sambabo saja, alam sekelilingnya juga menarik, terpampang di lereng pegunungan serta ada diantara batu-batu besar, ikut dihiasi dekorasi rimba alami yang melingkari air terjun.

Keindahan Air Terjun Sambabo

Keindahan Air Terjun Sambabo

Untuk sampai Air Terjun Sambabo, terlebih dulu kita mesti melalui jembatan gantung, pasti ini bisa menjadi sensasi tersendiri, terus mendaki lembah kurang lebih 500 meter, serta kita akan lalui kebun kopi dan kakao.

Seperti dalam tempat-tempat yang lain di Indonesia yang memiliki dongeng mitos, Air terjun Sambabo sendiri konon mempunyai penjaga berbentuk burung raksasa yang menempati gua kerikil di balik derasnya gerojokan.

burung ini sekali keluar dalam satu tahun menjalajahi wilayah sekelilingnya sampai pantai barat Sulawesi diteluk Mandar Hingga gerojokan ini dinamakan samba botto disingkat Sambabo karena burung raksasa ini mengembarai lokasi luas dalam Bahasa Bambang “ Ussambai Botto “.

Buat Anda yang ingin bertandang serta datang dari Luar Sulawesi Barat, untuk sampai ke Air Terjun Sambabo, jalan masuk yang paling mudah hanya dari Makassar, Sulawesi Selatan.

Ada transportasi udara dari Makassar ke arah Bandar Udara Tampa Padang, Mamuju. Sesudah itu, perjalanan dapat diteruskan ke Mamasa dengan memakai kendaraan beroda empat sewaan atau angkutan umum.

Setibanya di kota Mamasa, dianjurkan istirahat sesaat sebelum melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Bambam, lokasi dimana obyek wisata gerojokan Sambabo itu ada.

Di kota Mamasa, banyak kemudahan yang disiapkan untuk beberapa wisatawan, salah satunya hotel, penginapan, restoran, rental mobil, sampai sentra penjualan oleh-oleh khas Mamasa.

Oleh karena itu, sebelum berkunjung ke Air Terjun Sambabo, alangkah sebaiknya kita berkunjung ke kota Mamasa terlebih dahulu.

Tetapi yang begitu disayangkan adalah jika lokasi seindah ini tidak terpublikasi serta diurus dengan profesional hingga berubah menjadi surga yang teraniaya. Oke cukup sekiah dari kami parisparisclub.com semoga bermanfaat dan terima kasih.