Mengenal Kota Jember

Mengenal Kota Jember

Mengenal Kota Jember

Kabupaten Jember ialah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia yang beribukota di Jember. Kabupaten ini bersebelahan dengan Kabupaten Probolinggo serta Kabupaten Bondowoso di utara, Kabupaten Banyuwangi di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Lumajang di barat. Kabupaten Jember terdiri atas 31 kecamatan.
Kota Jember pada jaman dulu adalah kota administratif, akan tetapi semenjak tahun 2001 arti kota administratif dihapus, hingga Kota Administratif Jember kembali jadi bagian dari Kabupaten Jember. Jember adalah pusat regional di lokasi timur tapal kuda. Hari jadi Kabupaten Jember diperingati tiap-tiap tanggal 1 Januari.

Geografi

Jember mempunyai luas 3.293,34 Km2 dengan ketinggian antara pada 0 – 3.330 mdpl. Iklim Kabupaten Jember ialah tropis dengan rata-rata suhu pada 23oC – 32oC. Sisi selatan dari Kabupaten Jember ialah dataran rendah dengan titik terluarnya ialah Pulau Barong. Pada lokasi ini ada Taman Nasional Meru Betiri yang bersebelahan dengan lokasi administratif kabupaten Banyuwangi. Sisi barat laut (bersebelahan dengan Kabupaten Probolinggo ialah pegunungan, sisi dari Pegunungan Iyang, dengan puncaknya Gunung Argopuro (3.088 m). Sisi timur adalah sisi dari serangkaian Dataran Tinggi Ijen. Jember mempunyai beberapa sungai diantaranya Sungai Bedadung yang bersumber dari Pegunungan Iyang dibagian Tengah, Sungai Mayang yang persumber dari Pegunungan Raung dibagian timur, serta Sungai Bondoyudo yang bersumber dari Pegunungan Semeru dibagian barat.Mengenal Kota Jember

Riwayat Kota Jember

Kabupaten Jember dibuat berdasar pada Staatsbland Nomor 322 tanggal 9 Agustus 1928 serta menjadi dasar hukum mulai di jalankan tanggal 1 Januari 1929. Pemerintah Hindia Belanda sudah mengeluarkan ketetapan mengenai pengaturan kembali pemerintah desentralisasi di lokasi Propinsi Jawa Timur, diantaranya dengan menunjuk Regenschap Djember menjadi penduduk kesatuan hukum yang berdiri dengan sendiri. Dengan sah ketetapan itu diedarkan oleh Sekretaris Umum Pemerintah Hindia Belanda (De Aglemeene Secretaris) G.R. Erdbrink, 21 Agustus 1928.
Pemerintah Regenschap Jember yang sebelumnya terdiri dari tujuh Lokasi Distrik, pada tanggal 1 Januari 1929 semenjak berlakunya Staatsbland No. 46/1941 tanggal 1 Maret 1941 Lokasi Distrik dipecah jadi 25 Onderdistrik,Oke cukup sekian dari parisparisclub.com . semoga bermanfaat dan terima kasih