Sejarah Singkat Tentang Tokopedia

Tokopedia

Tokopedia – Siapa sih tidak mengenal nama tokopedia, yup toko online terbesar Indonesia ini semakin terdengar namanya di seluruh masyarakat Indonesia khususnya para pencari barang online dengan ssstem kemudahan yang di tawarkannya. Oke kita akan mengulas sejarah singkat dari tokopedia

Sejarah Singkat Tentang Tokopedia

Sejarah tokopedia

William Tanuwijaya senantiasa menuliskan sejarah Tokopedia yang berisi momen-momen istimewa Tokopedia. Di luncurkan dengan versi beta pada tanggal 17 Agustus 2009 bersamaan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia didirikan oleh Leontinus Alpha Edisondan, William Tanuwijaya bersama dua orang teman dekat mereka.

Mengutip dari website yang ditulis oleh William Tanuwijaya, pada saat awal berdirinya cuma di danai oleh investor tunggal yakni VF. Mereka bekerja keras membangun yang di cita-citakan oleh mereka pada sebuah ruko di lantai 3 Rukan Permata Senayan E7 Jakarta yang sekaligus juga jadi kantor dari PT. Tokopedia. Pendirian PT. Tokopedia resmi pada tanggal 6 Februari 2009.

Bersamaan dengan berjalannya waktu saat satu tahun dari Tokopedia didirikan, Tokopedia mendapatkan minat dari beberapa kelompok merchant serta konsumen. Pada awal bulan berdirinya Tokopedia sukses menggandeng 509 merchants dengan 4560 members. Jumlahnya itu selalu makin bertambah sampai pada ulang tahun pertamanya pada tanggal 17 Agustus 2010 Tokopedia menggandeng 4659 merchants dengan 44785 members.

Suatu perolehan yang mengagumkan saat satu tahun itu. Dari jumlahnya transaksi awal bulan berdirinya cuma Rp 33 juta melesat sampai Rp 5,954 milyar pada ulang tahun pertama 17 Agustus 2010. Sekaligus juga pada ulang tahun pertama Tokopedia, Tokopedia melepas tag beta version yang memberikan indikasi jika Tokopedia siap untuk melayani merchant serta konsumen yang bertransaksi pada sistem mereka. Limit harga produk dinaikkan sejumlah Rp 25 juta yang awal mulanya cuma sampai Rp 9,99 juta. Begitu juga dengan limit transaksi pada market place Tokopedia naik jadi Rp 40 juta dari Rp 15 juta.

Sesudah ulang tahun yang pertamanya, perusahaan yang digawangi oleh 12 orang hebat ini selalu lakukan improvisasi pada fitur mereka, kecepatan akses dan selalu melakukan perbaikan pelayanan customer care.

Tokopedia ikut menggandeng bank Mandiri serta bank BCA untuk memberi keamanan transaksi pada merchant serta konsumen. Pembayaran bisa dikerjakan dengan transfer ke salah satunya rekening Tokopedia, Mandiri ClickPay, Mandiri E-cash, serta BCA KlikPay.