Tips Agar Rumah Semakin Nyaman di Tinggali

Tips Agar Rumah Semakin Nyaman di Tinggali

Sediakan Instalasi Genset di Rumah

Listrik padam tiba tiba merupakan hal yang menyebalkan. saat sedang beraktifitas tiba tiba listrik padam. Hal tersebut tentu merupakan hal yang sangat mengganggu. Salah satu solusinya adalah menyediakan generator listrik cadangan. Atau biasa kita kenal dengan genset. Genset berfungsi menghasilkan listrik dengan sumber daya yang berasal dari Bensin, solar, maupun gas. dengan adanya genset kamu tidak perlu khawatir lagi bila sewaktu waktu listrik padam. Untuk kamu yang tinggal di wilayah medan dan sekitarnya. Pastikan membeli genset di supplier distributor genset medan yang terpercaya. Pastikan memiliki garansi resmi

Cat Ulang Rumah Anda

Kusam dan bernoda. Pasti orang yang melihatnya akan merasa jijik. Risih. Selama bertahun-tahun, Salma (40), seorang ibu rumah tangga, kerap mengeluhkan dua hal yang menimpa dinding rumahnya tersebut. Menurut wanita yang berdomisili di Kalideres, Jakarta Barat ini, cat dindingnya—baik itu di luar atau dalam rumah—sudah pudar terkena terpaan cuaca dan aktivitas penghuninya. Tak hanya itu, nodanoda ompol dan jamur mulai terlihat di sudut-sudut rumah.

“Keseringan bocor sama rembes sih, jadi seperti ini, deh!” ungkapnya. Berkat alasan tersebut, Salma dan keluarganya memutuskan untuk mengecat ulang beberapa bagian dinding rumahnya, khususnya di area eksterior, yang telah terhantam ekstremnya perubahan cuaca. “Sekalian ganti suasana juga, hehehe. Sekarang, warna rumah saya jadi lebih ceria daripada sebelumnya,” Salma menambahkan dengan antusias. Hal-hal yang Salma rasakan tersebut merupakan hal lumrah yang dialami oleh kebanyakan orang. Ketika dinding rumah rusak, usang, kusam, atau bahkan terlihat ketinggalan zaman, pengecatan ulang memang menjadi solusinya. Bahkan, Lina Handyna, Senior Brand Manager untuk Dulux Catylac dari PT ICI Paints Indonesia, mengungkapkan bahwa pengecatan ulang ini menandakan sebuah renewal, atau perubahan sang pemilik hunian ke arah yang lebih baik. Memang, dari berbagai proses ³perubahan´ tampilan fsik sebuah bangunan, pengecatan merupakan hal yang paling sederhana dan mudah untuk Anda lakukan. Tentunya, proses ini tak akan menguras biaya dan waktu yang berlebih, terutama jika Anda telah merencanakannya secara matang. Tahapan pengerjaannya pun tak boleh asal-asalan. Terdapat beberapa hal yang harus Anda ketahui ketika Anda memutuskan untuk mengecat ulang rumah Anda, agar menghasilkan dinding yang “bersinar” dan tahan lama.

DARI A SAMPAI Z, SIAPKAN SEGALANYA

Meskipun relatif mudah dan murah—bahkan bisa Anda kerjakan sendiri tanpa tenaga bayaran—Anda tetap membutuhkan persiapan pengecatan yang maksimal. Pasalnya, banyak kegagalan terjadi setelah proses pengecatan ulang ini dilakukan. Entah itu lapisan cat yang berusia pendek dan mudah mengelupas; pemborosan kebutuhan cat; hingga kesalahan penggunaan jenis dan warna produk cat. Waktu terbuang sia-sia, begitu pula dengan biaya yang membengkak tanpa arti. Semua itu bisa terjadi akibat persiapan yang asal-asalan. Persiapan itu sendiri tak semata-mata menyediakan alat dan bahan pengecatan. Sebelum semua itu direncanakan, p e r tama, Anda harus mengecek dahulu kondisi dinding yang akan Anda cat ulang. Pengecekan tersebut meliputi pengenalan material dinding, merek cat yang dipakai sebelumnya, lokasi, serta “kesehatan” dinding yang akan dicat. Hal ini akan memengaruhi pemilihan material cat yang sesuai, serta proses pengecatan yang akan ditempuh. K e d ua, yang harus Anda pikirkan adalah pemilihan warna cat yang sesuai kebutuhan serta fungsi dari dinding Anda. Tak hanya itu, selera Anda pun menentukan pilihan warna cat yang akan Anda gunakan pada rumah Anda. Bayangkan, jika Anda salah memakai warna pada sudut-sudut di rumah Anda, seperti penggunaan warna merah menyala pada ruang tidur Anda. Alih-alih membuat betah, warna tersebut malah menghilangkan kenyamanan Anda tidur, bukan? Meskipun proses pengecatan bisa dicicil satu per satu, jangan sampai kelak Anda harus menghuni kamar yang sedang dicat di malam hari. Oleh karena itu, langkah k e ti ga, Anda perlu mempertimbangkan masak-masak lajur pengecatan Anda, khususnya jika Anda ingin mengecat dinding interior di seluruh rumah. Dahulukan ruangan yang ingin segera Anda gunakan.

BERESKAN MASALAH DINDING DULU

Adanya masalah pada dinding menjadi alasan lumrah bagi sebagian besar orang untuk mengecat ulang huniannya. Warna cat kusam, mengelupas, terkena garam alkali, noda om pol, terserang jamur dan lumut, hingga warna cat yang tidak rata, merupakan beberapa masalah dinding yang biasa dialami di Indonesia. “Sebenarnya, cat dinding tidak perlu dikelupas sepanjang kondisi cat masih baik dan tidak terkena masalah berarti. Namun, jika cat dinding sudah rusak, maka harus dikelupas terlebih dahulu,” ucap Lina. Di luar adanya masalah atau tidak, Lina menambahkan pula, bahwa sebaiknya semua cat dinding lama dikelupas atau dikerok, agar hasil pengecatan ulang terasa lebih maksimal. Khususnya, bila merek atau jenis produk cat semula berbeda dengan cat yang akan Anda gunakan. Bukannya tahan lama, cat tersebut malah akan mudah mengelupas dan terangkat, mengingat terdapat perbedaan kandungan dan spesifkasi senyawa di dalam kedua produk cat tersebut. Y a, setelah masalah demi masalah telah tertutupi, itu tandanya, dinding Anda sudah siap untuk dilapisi cat