Tips Mengecat Rumah Agar Hasil Maksimal dan Indah

Tips Mengecat Rumah – Mengecat adalah pekerjaan finishing. Butuh ketrampilan. Supaya rumah terlihat indah. Tidak hanya kenal tipe-tipe cat, kita harus juga mengerti proses pengecatan rumah yang benar. Bagaimana cara-caranya? Bagaimana hasilnya? Hingga dari hasil pengecatan itu optimal.

Panduan di bawah ini bisa diaplikasikan untuk pengecatan pertama ataupun pengecatan lagi. Meliputi pengecatan untuk interior: seperti ruangan tamu, kamar tidur, serta ruangan keluarga Ikut exterior. Sebab artikel adalah artikel komplet tentang langkah mengecat rumah yang benar, Anda dapat pilih beberapa poin yang sama dengan kepentingan Anda. Contohnya: Anda butuh panduan bagaimana posisi yang benar dalam mengecat rumah. Atau, langkah mengecat seperti pakar design interior.

Tips Mengecat Rumah

Tips Mengecat Rumah
Tips Mengecat Rumah

Persiapan serta rencana ialah kunci sukses pengecatan. Baca apa yang dikerjakan beberapa profesional dalam membuahkan cat yang rapi.

Alat yang dibutuhkan:

  • Kuas
  • Roller
  • Wadah cat
  • Sealtape
  • Koran Sisa
  • Lap Pel

Sediakan semua perlengkapan supaya proses pengecatan makin nyaman.

1. Kosongkan Ruang

Baiknya ruang yang akan dicat mesti dikosongkan. Pindahkan terlebih dulu beberapa mebel, sofa, meja, ataupun beberapa barang yang lain. Banyak faedah dari pengosongan ruang. Beberapa barang terlindung dari noda cat serta tentu saja kita akan bebas saat mengecat. Kosongkan ruang dari mebel.

2. Jagalah Barang Dengan Menutupinya

Tidak semua barang dapat dipindahkan. Karena itu, tutupi beberapa barang yang tidak dapat dipindahkan tertutupi. Anda dapat menutupinya dengan lembaran plastik. Atau bahan yang lain yang dapat membuat perlindungan.

3. Tutupi Lantai Dengan Koran Sisa

Janganlah lupakan lantai. Lantai ialah sisi yang sangat riskan terserang noda waktu kita mengecat rumah. Kita dapat memakai koran sisa membuat perlindungan lantai. Tutupi semua lantai terpenting dibagian yang sangat dekat dengan tembok/dinding yang akan dicat.

3. Pakai Seal Tape Untuk Sisi Lis

Jika ada bagian-bagian yang tidak diinginkan dicat serta sisi itu begitu kecil. Pakai seal tape untuk menutupinya. Contohnya di bagian sudut atau lis dibagian sangat bawah dari tembok.

Telah siap semua? Saat ini kita lanjut mengkalkulasi. keperluan cat.

4. Mengkalkulasi Keperluan Cat

Kalkulasi dulu luas permukaan yang akan dicat. Beberapa profesional tetap pas mengkalkulasi keperluan cat. Bila ingin mengecat rumah dengan benar serta hasil memuaskan, Andapun mesti dapat menghitungnya. Keperluan cat berlainan. Bergantung pada bahan serta luas permukaan yang dicat. Saat ini cat rekomendasi cat yang sangat bagus adalah dari merk Dulux. Dikutip dari infohargamaterial.com, harga cat tembok Dulux interior berkisaran Rp 120.000 untuk 5 kg nya.

5. Posisi Dalam Mengecat

Beberapa arsitek ataupun pakar design interior memiliki pakem sendiri dalam mengecat. Posisi yang benar dalam mengecat akan membuat pekerjaan efisien serta efektif. Kelak saat Anda mengecat janganlah lupa awalilah mengecat sisi atas lalu ke bawah. Awalilah dari langit-langit. Lalu baru mengecat dinding.

Sesudah itu baru pada beberapa bagian yang terbuat berbahan kayu. Bila telah tuntas semua baru mengecat sisi detail.

Posisi mengecat ruang

  • Langit-langit
  • Dinding
  • Pintu
  • Jendela
  • Bingkai
  • Lantai

Itu posisi yang benar dalam mengecat ruang supaya mendapatkan hasil yang memuaskan. Cukup mudah bukan Tips Mengecat Rumah Agar Hasil Maksimal dan Indah? Ingat, pilihlah merk cat tembok berkualitas dan terbaik!